Perayaan Hari Besar Kegamaan – July 2016

Perayaan Hari Besar Kegamaan – July 2016

Bangsa Indonesia yang terdiri dari kemajemukan agama, suku, etnis dan budaya merupakan anugerah tersendiri untuk kita bisa memaknai keindahan keberagaman dalam konteks kehidupan bermasyarakat. Buah hati Tinytoes yang datang dari berbagai latar belakang yang berbeda inilah yang mendasari diadakaannya peringatan hari besar keagamaan, yang ditujukan untuk mengambil makna makna kebaikan dari hari besar tersebut.
Peringatan hari besar islam atau hari raya idul fitri yang jatuh setiap tanggal 1 syawal bagi umat muslim diadakan di Tinytoes childcare center untuk meghormati member maupun staff yang beragama muslim. Namun kegiatan ini juga diikuti oleh seluruh member Tinytoes. Kegiatan di fokuskan pada makna untuk saling memaafkan di hari yang suci tersebut. Seluruh staff dan buah hati mengenakan pakaian putih sebagai simbol hati dan jiwa yang kembali suci ( fitrah ), mereka bersalaman satu sama lain untuk saling memberi dan meminta maaf. Hal ini mengajarkan buah hati untuk tidak merasa gengsi atau segan meminta maaf jika melakukan kesalahan. Acara juga dimeriahkan dengan kegiatan art & craft membuat ketupat dan tidak ketinggalan makan ketupat dan opor ayam bersama sebagai identitas makanan khas yang disajikan di hari raya Idul fitri.
Ada juga peringatan hari raya natal bagi member Tinytoes yang beragama kristen juga katholik. Acara yang diselenggarakan kali ini mengambil tema “Season of joy and happiness” . Buah hati diajak untuk berbagi kebahagiaan dan kegembiraan bersama. Mendatangkan santa claus, yang membawa kado kado dari para orang tua untuk diberikan kepada buah hati. Anak-anak sangat antusias untuk membuka hadiah pemberian orang tua, juga ada kegiatan membuat gingerbread dan mendekor mendekor ruangan bersama.
Selain peringatan kedua hari raya tersebut, ada juga peringatan tahun baru imlek yang dimulai setiap tanggal pertama bulan pertama pada penanggalan tahun cina. Tidak sekedar mengenakan pakaian khas dari etnis tionghoa yaitu qipao (cheongsam) tap ada juga acara berbagi angpao dari tinytoes untuk para buah hati, namun angpao yang dibagikan bukan berupa uang melainkan coklat yang kemudian dimakan bersama. Slain coklat ada juga aneka makanan khas dari imlek yaitu kue keranjang dan juga jeruk. Peringatan ini bertujuan untuk mengajarkan rasa syukur,sopan santun dan menghormati kepada orang yang lebih tua.
Berbagai perayaan hari besar yang diadakan di tinytoes bukan untuk mencampur adukkan ajaran agama, namun lebih menekankan kepada sikap saling menghormati, menghargai, menyayangi dan toleransi kepada sesama sejak dini, hal ini diharapkan bisa menjadi bekal untuk kehidupan bermasyarakat kelak bagi buah hati di lingkungan sekolah maupun tenpat tinggalnya.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *